Awal Perjalananku

Akhirnya setelah menunggu selama tiga belas hari, dengan penuh keingintahuan, aku kembali mendatangi dr. Wardah SpOG di apotik sentausa. Kali ini adalah jadwalku untuk cek sel telur karena ini adalah hari ke 13 siklus mens ku. Sesuai dengan yang dijadwalkan dokter, aku datang tanggal 10 April.

Oh iya, aku belum banyak cerita ya.. ^^ Aku ceritain dari awal ya..

Aku sudah empat bulan menikah, tapi belum juga dikaruniai anak, ya maklum lah.. intensitas bertemu dengan suami saja sudah sangat jarang, belum lagi siklus menstruasiku yang tidak teratur.. uffhh.. akhirnya aku putuskan untuk menemui dokter kandungan.

Dari modal tanya-tanya ke ibu-ibu di kantor, dapatlah informasi seputaran dokter kandungan di bandar lampung. Sebagian besar sie menyarankan dokter Tigor, tapi mengingat daftar tunggunya yang sampe berhari-hari, akhirnya aku memutuskan untuk menemui dokter Wardah.

Tanggal 26 Maret kalo ga salah, pertama kalinya aku periksa ke dokter Wardah. Sampe ditempat dokter sekitar jam tujuh kurang dan ternyata aku datang lumayan awal tapi dapet nomor urut 31 which is nunggunya pasti ber jam-jam.. namanya juga belum punya pengalaman, lain kali pasti aku booking nomer dulu deh via telepon..

Akhirnya jam 9 malem aku diperiksa sama dokternya, untuk cek pertama, aku di USG. USGnya dua kali, USG biasa atau lewat luar sama USG trans V, intinya sie buat nge cek rahimnya, setelah itu cerita lah sama dokternya kalo siklus aku ga teratur. Bulan kemarin siklusku sampe 45 hari, dan waktu tanggal 26, siklusku sudah sampe 39 hari tapi belum mens juga, akhirnya sama dokter dikasih rujukan ke lab nya untuk tes kehamilan yang aku sendiri sudah tau hasilnya pasti negatif, tapi demi kelancaran pemeriksaan, gapapa deh aku tes lagi..

Tanggal 27 Maret jam sepuluh pagi aku udah ngacir dari kantor bawa sampel urin ke apotik sentausa. Tesnya sie sebentar banget, cuman 15 menit, abis itu hasil labnya diserahin deh ke dr Wardah. Setelah dokternya baca hasil lab, dia ngasih aku resep dan bilang kalo nanti pada saat menstruasi hari pertama atau hari kedua harus cek lagi.

Ternyata sama dokternya aku dikasih obat namanya ‘cripsa’ ada 20 butir kecil-kecil dan harus dimakan sehari 2 x 1/2 tablet. Awal minum obat itu badanku panas ga ketulungan selama 2 hari sampe aku menstruasi, saking ga tahannya kadang aku sampe minum paracetamol buat ngurangin panasnya. Belakangan aku tanyain sama dokter kantor, katanya itu obat menstimulasi tubuh  merangsang hormon biar akunya menstruasi. Ufh, untung cuman dua hari..kalo terus-terusan kan parah.

Dua hari setelah minum obat itu, tanggal 29 Maret akhirnya menstruasi yang ditunggu-tunggu datang juga.. Lega rasanya.. Karena saking excitednya buat tau tahap selanjutnya, hari itu juga aku ke dokter buat cek lagi. Sampe ditempat dokternya, masih dr Wardah, aku di USG lagi dan belakangan juga aku tau kalo ternyata USG pada saat menstruasi itu buat melihat kista di dalam rahim.

Setelah di USG sama dokter, dokternya sie ga bilang apa-apa.. cuma ngasih resep lagi buat ditebus sama suruh lanjutin minum cripsanya dan suruh balik lagi buat cek sel telur pada hari ketigabelas siklus menstruasi.. Ternyata sama dokter aku dikasih clovertil untuk 5 hari diminum 1tablet sehari. Dari hasil googling, aku tau ternyata clovertil itu buat nyuburin sel telur atau semacamnya deh.. hehe

Setelah menunggu selama 13 hari, aku akhirnya kembali mendatangi dr. Wardah dengan penuh semangat (semangat 45 kali ya ^^). Kali ini pemeriksaannya kembali dengan USG Trans V karena sel telurnya ga kelihatan kalo pake USG luar. Pada saat di ukur, sel telurku sudah sampe ukuran 1.78 cm dimana ukuran normal untuk sel telur matang adalah 1.8 – 2.0 cm. jadi kata dokter kalo berhubungan mesti hari ke 14-18 siklus mens biar bisa pembuahan karena itu masa ovulasi sel telur.

Abis itu sama dokternya dikasih resep buat aku sama suami. Buat aku masih dikasih cripsa tapi dosisnya dikurangin jadi cuma 1 x 1/2 butir sehari dan dikasih obat diabetes ‘TUDIAB’, kata dokter itu buat nyuburin gitu deh. Sedang buat suamiku tersayang, dikasih maxivit dan proxidan. Dua-duanya itu vitamin buat menambah daya tahan tubuh.

Perasaannya sie seneng karena semua sudah dicek dan semuanya normal, tapi sayangnya, aku dan suami belum bisa menjalankan programnya bulan ini, secara jarak yang jauh masih membentang antara Bandar Lampung dan Purworejo – Jawa tengah, mana kemarin baru pulang dari jawa.. terpaksa deh nunggu bulan depan baru bisa menjalankan programnya..eemm udah ga sabar nie..

Bulan depan, demi program punya baby, aku merelakan cutiku yang tinggal 3 hari.. huks huks.. gapapa deh, yang penting semangat empat lima Chayo!! ^^

oh iya, sampe hari ini, aku belum berani minum obat TUDIAB nya, selain karena pilnya yang segede gaban, juga karena masih berharap siapa tau bulan ini udah dikasih rejeki sama Allah.. amin.. duh ngarep banget ya.. hehe.. nanti kalo udah pasti negatif baru deh mulai minum obatnya .. ^^

~ oleh ratnasetiyawan pada April 12, 2012.

8 Tanggapan to “Awal Perjalananku”

  1. السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
    Hai ratnasetiyawan, seneng deh bisa ketemu dgn sesama calon bunda. Pengen nanya, kamu mulai berobat ke dr.wardah itu tn berapa?
    Soalnya aku juga sesama pasien beliau. Kalo aku masalahnya di siklus mens. Mens ku absen mulu, skrg aja udh hampir 6 bulan absen. Dari gadisnya aku emang begitu.
    Waktu konsul ke wardah di usg trans v katanya rahim ЪK̶̲̅ ada penyakit apa2, cuma gangguan keseimbangan hormon.
    Kemaren aku tes prolaktin hasilnya normal, jd bingung nih…

    • Wa’alaikumsalam wr wb..
      salam kenal kaka.. aku mulai tahun ini berobat ke dokter wardah..
      aku juga dulu bermasalah sama siklus mens yang ga teratur.. tapi ga sampe absen lama si.. siklusnya aja yang panjang..
      kata susternya itu ga normal..aku ga sampe tes prolaktin si.. cuman obat hormonnya emang pengaruh.. abis minum obat itu mens aku langsung normal siklusnya 30 hari..
      emang ga langsung bisa hamil waktu itu..karena buat hamil aku masih dikasih obat lagi buat penyubur gitu..
      bulan ketiga setelah siklus aku normal alhamdulillah aku dikasih rejeki sama Allah.. dan sekarang aku sudah hamil jalan lima bulan..
      kamu dikasih obat apa sama dr. wardah?
      aku juga baru tau ternyata mesntruasi itu penting banget ya buat kita..

      • Punya pin bb ЪK̶̲̅ ratna…bagi dunk..
        الْحَمْدُ لِلَّهِ,,…selamat yaa udah berhasil hamil, aku masih pusing dgn mens ku Ɣªήğ ЪK̶̲̅ jelas kpn dtgnya
        Kalo ЪK̶̲̅ salah waktu itu dr wardah kasih resep metformin sama obat hormon. Udh usg trans v katanya ЪK̶̲̅ ada masalah di rahim. Trus aku udh lama ЪK̶̲̅ kesana lagi, soalnya skrg ♏äÜ nyoba Ɣªήğ alami aja pake jus wortel, madu+royal jelly, sm salmon oil. Mudah2an berhasil…

      • gimana kaka? udah berhasil punya momongan kah?moga-moga udah ya..
        maaf ya baru dibalas karena sudah lama sekali ga pernah buka blog..he..
        kalo mau share2 boleh nanti kalo bisa add pin bb 768ad2c9

  2. mba .. mau tanya habis brp k dokter wardah ? kmren2 mens ku teratur .. waktu hbs nikah juga masih mens 1 bln .. setelah itu ak g mens mpe 1,5 bln .. udh pake TP 2x masih negativ .. makanya ak mau ke dokter wardah nich .. tp mau tanya2 dulu hbs berapa disana .. biar siap juga keuangannya .. hehehhe tengs .. ad pin bb ak aja yaa 20ca1322

  3. all))))cripsa nya itu diminum setiap hari? ato gimana mbk?
    aku dikasih dikter kok cuma 2 minggu aja,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: